tugas 1 kelompok 5





TUGAS ISD
PEMUDA DAN SOSIALISASI







 


KELOMPOK 5
1.M IRVAN HAQIQI
2.ANDRE SURYA    
3.NANDA ENDRI    
4.FAHRUL ROZI     




















BAB I

PENDAHULUAN

I.I LATAR BELAKANG
Pemudadansosialisasiadalah 2 hal yang tidakbisadipisahkan, banyakcontohmasalahsosial yang melibatkan para pemudapemudi di Indonesia ,olehkarenaitupemudamasihmemerlukanpembinaansertapembelajarankearah yang lebihbaik. Kita ketahuibahwapemudaataugenerasimudamerupakankonsep-konsep yang selaludikaitkandenganmasalahnilai, halinimerupakanpengertianidiologisdankulturaldaripadapengertianini. Didalammasyarakatpemudamerupakansatuidentitas yang potensialsebagaipeneruscita-citaperjuanganbangsadansumberinsanibagipembangunanbangsanya karma pemudasebagaiharapanbangsadapatdiartikanbahwasiapa yang menguasaipemudaakanmenguasai masa depan.

I.II RUMUSAN MASALAH
1.Apa PengertianPemuda?
2.Apa PerananPemudaDalam Masyarakat
3.Apa PengertianSosialisasi?
4.Apa TujuanSosialisasi?
5.Apa Hubungan Antara Pemuda Dan Sosialisi?

BAB II
II.I Pembahasan

Pemuda
Jikadilihatdaridefinisipemuda, seperti yang tertuangdalamUndang-UndangRepublik Indonesia No. 40 tahun 2009 (Pasal 1 Ayat (1)), menyebutkan, pemudaadalahwarganegara Indonesia yang memasukiperiodepentingpertumbuhandanperkembangan yang berusia 16 (enambelas) sampai 30 (tigapuluh) tahun. SedangkankarakteristikpemudamenurutUndang-UndangRepublik Indonesia No. 40 tahun 2009 (Pasal 6) adalahmemilikisemangatkejuangan, kesukarelaan, tanggungjawab, danksatria, sertamemilikisifatkritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis, reformis, danfuturistik.

PerananPemudaDalam Pembangunan Masyarakat ,Bangsadan Negara
Dalamhubungannyadengansosialisasigeenerasimudakhususnyamahasiswatelahmelaksanakan proses sosialisasidenganbaikdandapatdijadikancontohuntukgenerasimuda, mahasiswapadakhususnyapadasaatini.
Proklamasikemerdekaan 17 agustus 1945 ternyataperluditebusdenganpengorbanan yang tinggi. Oleh karenasegerasetelahproklamasipemuda Indonesia membentukorganisasi yang 
bersifatpolitikmaupunmiliter, diantaranya KAMI (KesatuanAksiMahasiswa Indonesia) yang didirikanolehmahasiswadalamsejarahperjuanganbangsa Indonesia.
KAMI menjadipeloporpemdobrakkearahkehidupanbaru yang kemudiandikenaldengannamaordebaru (ORBA). Barangsiapamenguasaigenerasimuda, berartimenguasai masa depansuatubangsa, demikianbunyisuatupepatah. Berarti masa depansuatubangsaituterletakditangangenerasimudas.
Kalaudilihatlebihmendalam, mahsiswapadagarisbesarnyamempunyaiperanansebagai :

  1. Agent of change
  2. Agent of development
  3. Agent of modernization

Sosialisasi
Sosialisasiadalah proses yang membantuindividumelalui media pembelajarandanpenyesuaiandiri, bagaimanabertindakdanberpikir agar iadapatberperandanberfungsi, baiksebagaiindividumaupunsebagaianggotamasyarakat. Ada beberapahal yang perlukitaketahuidalamsosialisasi, antara lain: Proses Sosialisasi, Media SosialisasidanTujuanSosialisasi.

Sosialisasiadalah proses yang membantuindividumelalui media pembelajarandanpenyesuaiandiri, bagaimanabertindakdanberpikir agar iadapatberperandanberfungsi, baiksebagaiindividumaupunsebagaianggotamasyarakat. Berikutpengertiansosialisasimenurut para ahli :
1. Charlotte Buhler
Sosialisasiadalah proses yang membantuindividu-individubelajardanmenyesuaikandiri, bagaimanacarahidup, danberpikirkelompoknya agar iadapatberperandanberfungsidengankelompoknya.
2. Peter Berger
Sosialisasiadalahsuatu proses dimanaseseorangmenghayatisertamemahaminorma-normadalammasyarakattempattinggalnyasehinggaakanmembentukkepribadiannya.
3. Paul B. Horton
Sosialisasiadalahsuatu proses dimanaseseorangmenghayatisertamemahaminorma-normadalammasyarakattempattinggalnyasehinggaakanmembentukkepribadiannya.
4. SoerjonoSoekanto
Sosialisasiadalah proses mengkomunikasikankebudayaankepadawargamasyarakat yang baru.




Kesimpulan
1.      Jikadilihatdaridefinisipemuda, seperti yang tertuangdalamUndang-UndangRepublik Indonesia No. 40 tahun 2009 (Pasal 1 Ayat (1)), menyebutkan, pemudaadalahwarganegara Indonesia yang memasukiperiodepentingpertumbuhandanperkembangan yang berusia 16 (enambelas) sampai 30 (tigapuluh) tahun.

2.      Perananpemudadalampembangunanmasyarakatadalahsebagai agent of change, agent of development, dan agent of modernization.1.      Sosialisasiadalah proses yang membantuindividumelalui media pembelajarandanpenyesuaiandiri, bagaimanabertindakdanberpikir agar iadapatberperandanberfungsi, baiksebagaiindividumaupunsebagaianggotamasyarakat.
2.      Memberiketerampilandanpengetahuan yang dibutuhkanseseorang
Mengembangkankemampuanseseoranguntukberkomunikasisecaraefektifdanefisien, sertamengembangkankemampuannyauntukmembaca, menulis, danbercerita.

3.      Hubunganantarapemudadansosialisasisangaterat. Karenasosialisasiadalahajang agar merekatahuapadanbagaimana yang harusmerekalakukanpadasaat di duniakerjanantinya.


  
Daftarpustaka
https://celoteh-galang.blogspot.co.id/2012/10/pemuda-sosialisasi-identitas-perguruan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Pahlawan Yang Hilang

Teknik Sosrobahu

puisi